logo

Sunday 25th of August 2019

Layanan Kecamatan

Layanan SID Brebes

Layanan Hotspot

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-341 Tahun 2019

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan silaturahmi dengan ribuaan masyarakat Kabupaten Brebes yang dikemas dengan tema “ Silaturahmi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan penerima bantuan Gubernur tahun 2018 dan penyerahan bantuan Gubernur tahun 2019" di Pendopo Bupati Brebes, Senin (15/4).

Bupati Brebes Hj Idza Priyanto SE MH, mengucapkan selamat datang, sugeng rawuh kepada Gubernur Provinsi Jawa Tengah H Ganjar pranowo SH MIP beserta rombongan.

Ucapan terima kasih sekaligus apresiasi juga disampaikan Bupati kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang telah memberikan perhatian kepada pemerintah Kabupaten Brebes.

Telah banyak terbukti program bantuan yang diberikan kepada Brebes, mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, infrastuktur, serta sosial

Sejalan dengan program pembangunan Pemkab Brebes,  masih fokus di sektor pendidikan, salah satunya menggenjot program gerakan kembali bersekolah (GKB) Program tersebut sangatlah penting guna keberlangsungan pendidikan bagi generasi muda. Untuk dapat terus melanjutkan sekolah, dan menjadi generasi penerus bangsa yang unggul.

Di sektor kesehatan, masalah yang masih di hadapi saat ini, seperti stunting. Walau angka kasus stunting di Kabupaten Brebes mulai turun. Namun, terus berupaya dengan berbagai usaha untuk menekan kasus stunting agar menurun, hilang dan tidak terjadi lagi.

Sarana prasarana kesehatan juga telah dibenahi. Tidak hanya itu, jaminan sosial kesehatan masyarakat juga telah lakukan.

Terkait kesejahteraan sosial masyarakat, lanjutmya, Brebes telah merampungkan program keluarga harapan (PKH), serta pembangunan rumah tidak layak huni (RTLH). Hal ini menjadi keseriusan pemerintah daerah, karena melihat jumlah RTLH di Kabupaten Brebes mencapai 173 ribu.

"Sebanyak,  1.600 unit RTLH 2019 dilakukan perbaikan atau rehab guna mengurangi jumlah RTLH yang ada," tutur Idza.

Akselerasi berbagai program pembangunan tersebut, tentunya membuhtuhkan dukungan serta anggaran yang cukup banyak.

Gubernur di dampingi Bupati Brebes dan Wakil Bupati Brebes menyerahkan secara simbolis bantuan keuangan Provinsi Jawa Tengah TA 2019 kepada Kabupaten Brebes, untuk peningkatan jalan Desa Pasarbatang sampai Desa Tengki, bantuan Pengadaan dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum, bantuan pengadaan alat kedokteran untuk RSUD Kabupaten Brebes, bantua dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, rumah tidak layak huni ( RTLH) untuk 292 Desa di Kabupaten Brebes, Kartu Jateng Sejahtera (KJS), bantuan sarana angkut  pengelolaan sampah untuk Desa Banjarharjo, Bantuan CSR RTLH dari Bank BKK Banjarharjo Brebes, bantuan Dana Sosial dari Bank Jateng untuk biaya perlindungan 120 rb pekerja rentan melalui program BPJS Ketenagakerjaan, bantuan Dana Sosial RTLH dari PDAB Tirta Utama Provinsi Jawa Tengah, bantuan social dari Gubernur Jawa Tengah Stimulan Jamban Sehat (SJS), bantuan bagi Kelompok Tani Jaya untuk Desa Siasem Wanasari, dan bantuan Hibah bidang pendidikan keagamaan MTS Al Ikhlas Negarayu Tonjong, serta yang terakhir, bantuan dari Pemprov Jateng bagi PUPM untuk Gapoktan Mekar Jaya Desa Sukareja Banjarharjo Brebes.

Ganjar dalam sambutannya, mengkampanyekan kembali tentang kurangi sampah plastik. Dalam hal ini, pemerintah daerah mempunyai peran penting pada masyarakat tentang pentingnya pengurangan sampah plastik.

Diceritakan, Ganjar, kemaren hari tenang pertama kampanye pemilu, Dia mengkawal langsung bersama Kepala Satpol PP, dan Bawaslu, menurunkan alat Peraga Pemilu (APK).

“Saya menghimbau kepada tim sukses, Caleg, relawan, ataupun tim sukses lainnya, ayo kita bekerja sama bareng-bareng turunkan APK,” ajaknya. 

Ganjar bahkan mengadakan sayembara di media social lewat Instagram.

"Barang siapa yang bisa mengolah memanfaatkan sampah plastik, khususnya bekas banner/spanduk menjadi barang yang bisa di pakai dan siap pakai dan yang terlihat unik dan menarik, akan kamai bwri hadiah," ucapnya.

Dia mencontohkan, kalau bekas APK biasa didaur ulang menjadi tas belanja yang bisa digunakan untuk belanja ibu-ibu di pasar atau barang lainnya.

"Segera kirim ke saya atau posting di Instagram dan kasih hastag Ganjar Pranowo, saya kasih waktu satu minggu mulai dari hari ini," ujarnya.

Dan nantinya, untuk sepuluh orang terbaik pengirim hasil karyanya, dikasih hadiah uang tunai Rp 20 juta dari uang pribadi Ganjar.

Pesertanya juga bukan cuma orang pulau jawa, luar pulau juga banyak dan antusias mengikuti sayembara ini. Untuk itu, saya tunggu nanti hasil karyanya seperti apa. "Masyarakat Brebes juga jangan mau kalah, dan harus ikut berpartisipasi, siapa tahu dapat rejeki dari saya," ucapnya lagi sembari tersenyum.

Ganjar bermaksud, sampah-sampah yang terkumpul bisa diolah, didaur ulang kembali sehingga  menjadi barang yang mempunyai nilai jual bagi masyarakat.

“Mari, kita dorong untuk mengurangi sampah plastik dan mengelolanya dengan baik," ajaknya lagi.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, Waki Bupati Brebes Narjo SH MH,  Gubernur Jateng Ganjar Pranowo SH MIP Forkopimda Kabupaten Brebes, para Kepala SKPD, Camat se Kabupaten Brebes,  Kepala Desa se Kabupaten Brebes, Kelompok Tani, pelaku UMKM, dan juga tamu undangan penerima bantuan dari Gubernur Jawa Tengah Tahun 2019. (Otz/ Wsd)



© Pemerintah Kabupaten Brebes. All Rights Reserved.