logo

Sunday 25th of August 2019

Layanan Kecamatan

Layanan SID Brebes

Layanan Hotspot

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-341 Tahun 2019

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter


Mubaligh Kondang dari Ketanggungan Brebes KH Syamsul Falaq mengajak umat Islam untuk menggegam Ramadhan aga teraih predikat takwa. Sebab, fadhilah terbesar dalam menunaikan ibadah puasa Ramadhan bagi seorang mukmin, adalah tumbuhnya ketakwaan. Istilah takwa, mencakup seluruh kebaikan. Demikian disampaikan KH Samsul Falaq saat memberi tausiyah pada Safari Ramadhan Pemkab Brebes di Masjid Bahrussu’ada Desa Dukuhbadag Kecamatan Ketanggungan, Brebes Rabu (15/5).

Kiai Syamsul juga mendefinisikan, kalau Takwa itu melaksanakan perintah-Nya, menjauhi larangan-Nya, dengan hanya mengharap ridlo Allah Ta’ala dan karena rasa takut terhadap adzab dan hukuman-Nya.
Puasa, tiada lain untuk mencapai derajat takwa sebagaimana diterangkan dalam Quran Surat Al-Baqarah 183 yang bunyinya Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba 'alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba 'alallażīna ming qablikum la'allakum tattaqụn. Artinya, hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.
Menurut Kiai Syamsul di dalam ayat tersebut, Allah Ta’ala menjelaskan bahwa puasa disyariatkan bagi hamba-Nya untuk meningkatkan dan menyempurnakan ketakwaan mereka. Jika Puasa Ramadhan dijalankan dengan sungguh sungguh maka kesempurnaan Ketakwaan seseorang akan benar benar dapat diraih sehingga yang bersangkutan akan menjadi orang yang lebih baik lagi.
Sementara Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, mengatakan Safari Ramadhan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Brebes adalah upaya untuk menjalin tali silaturahmi Pemimpin dengan Masyarakatnya.
Narjo merasa senang dapat bertatap muka dengan masyarakat Desa Dukuhbadag Kecamatan Ketanggungan khususnya jamaah Masjid Bahrussu’ada dan mengucapkan banyak terimakasih atas sambutan meriah untuk tim Safari Ramadhan Kabupaten Brebes.
Narjo mengingatkan, seperti tahun tahun sebelumnya Kabupaten Brebes merupakan pintu masuk Jawa Tengah. Dan akan menjadi jalur mudik-balik para perantau yang akan pulang ke kampung halaman masing masing. Oleh karena itu Narjo mengajak seluruh masyarakat Brebes agar ikut menyambut mereka dengan ramah dan dengan senyuman meskipun terkadang padatnya arus mudik akan sedikit mengganggu aktifitas warga lokal sendiri.
“Jadilah warga yang baik, sambutlah para pemudik dengan senyuman, berikan kesempatan agar mereka bisa pulang kekampung halaman dengan selamat dan bahagia,” ujar Narjo.
Rangkain kegiatan Safari Ramadhan di wilayah Kecamatan Ketanggungan antara lain Shalat Maghrib berjamaah, Buka Puasa Bersama, Shalat Isya dan Shalat Taraweh berjamaah yang dilanjutkan acara inti. Juga tausiyah oleh KH Samsul Falaq dan penyerahan Musyaf Al Quran serta penyaluran bantuan Basnas Kabupaten Brebes sebesar Rp 7,5 juta kepada Takmir Masjid Bahrussu’ada Desa Dukuhbadag. (Ys,Wsd)



© Pemerintah Kabupaten Brebes. All Rights Reserved.