logo

Sunday 25th of August 2019

Layanan Kecamatan

Layanan SID Brebes

Layanan Hotspot

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-341 Tahun 2019

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Tahun haji 1435 Hijriyah menjadi anugerah  tersendiri bagi Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Brebes. Karena mendapatkan jadwal pemberangkatan perdana untuk calhaj Jawa Tengah. Pemberangkatan pada kelompok terbang (Kloter) pertama ini baru kali dialami oleh calhal Brebes.

“Alhamdulillah, calhaj Kabupaten Brebes dijadwalkan berangkat pada kloter perdana untuk Jawa Tengah,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Brebes Drs H Imam Hidayat MPdI saat rapat awal Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Brebes di Aula Kantor Kemenag Brebes, Selasa (5/8/14).

Menurut Imam, calhaj Brebes tahun 2014 telah melunasi setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji  (BPIH) berdasarkan data sistem Komunikasi Haji Terpadu (SISKOHAT) sejumlah 903 orang. Mereka akan diberangkatkan pada kloter 1, 2 dan 3 dari Embarkasi Adi Soemarmo Solo.  “Bila dibandingkan tahun 2013, ada sedikit peningkatan karena tahun lalu hanya 857 jamaah,” terangnya.

 

Menurut rencana, calhaj Brebes akan diberangkatkan pada 30 Agustus mendatang. Sebagaimana biasanya, calhaj Brebes akan diberangkatkan dari Islamic Center Brebes selanjutnya diangkut dengan bis ke asrama haji Donohudan Solo. “Direncanakan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo akan melepas pemberangkatan Calhaj Brebes di Bandara,” tutur Imam didampingi Kepala Seksi penyelenggara haji dan umrah (Kasi Garahaju) Kemenag Brebes Drs H Syauqi Wijaya.

Sebelum berangkat, para Calhaj akan dibekali dengan manasik haji, penyertaan passport, pembinaan, tes kesehatan dan berbagai kegiatan lainnya. “Untuk manasik haji, sudah mulai dilakukan ditingkat kecamatan masing-masing,” terangnya.

Untuk calhaj Brebes, lanjutnya, secara perorangan sudah mantap memenuhi panggilan Allah ke Tanah Suci. Karena secara rutin telah mendapatkan bimbingan dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) masing-masing.

 

Dikarenakan mendapatkan kloter awal, dirinya selaku Ketua PPIH Kab Brebes harus bekerja ekstra keras. Selain mempersiapkan segala sesuatu keperluan caljah juga melakukan koordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti Pemkab Brebes, pihak keamanan POLRI/TNI, perusahaan otomotif,  perjalanan,  dan berbagai pihak terkait. “Semoga perjalanan haji tahun ini berkah dan mereka menjadi haji mabrur mabruroh,” pungkasnya. (wasdiun)



© Pemerintah Kabupaten Brebes. All Rights Reserved.