logo

Sunday 25th of August 2019

Layanan Kecamatan

Layanan SID Brebes

Layanan Hotspot

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-341 Tahun 2019

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Sebanyak 903 calon jamaah haji (Calhaj) Kabupaten Brebes menjalani serangkaian persiapan menjelang pembarangkatan 30-31 Agustus 2014 mendatang. Kesibukan mulai tampak dari masing-masing individu calhaj. Dari olah raga pagi, menata ibadah, meminta restu kepada sanak keluarga hingga melakukan manasik haji. Bahkan Manasik haji masal yang dikoordinir kantor kementerian agama (Kemenag) Kab Brebes sudah berlangsung dua kali.

“Manasik yang pertama dilangsungkan di hotel Anggraeni Jatibarang pada bulan Ramadhan lalu sedangkan yang kedua telah berlangsung di Islamic Center Brebes,” tutur Kepala Kantor Kemenag Brebes Drs H Imam Hidayat MPdI, Kamis (7/8/14).

 

Menurut Imam, manasik haji sangat penting untuk dilakukan para calon jamaah haji baik teori maupun praktek. Meskipun ritual haji tidak berubah, tetapi keadaan cuaca, kondisi mekah yang berubah dan perbedaan jamaah dari berbagai negara yang berbeda-beda.

Manasik teori antara lain disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kab Brebes Drs H Mayang Sri Herbimo, Kepala Kantor Kemenag Imam Hidayat dan Kasi Garahaju Drs H Syauqi Wijaya, dan lain-lain.  “Untuk manasik praktek masal akan dilakukan calhaj pada 16 Agustus mendatang,” kata Imam Hidayat.

Imam menambahkan, secara berkala para calhaj juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang dikelola Dinas Kesehatan Kab Brebes. Secara terjadwal 903 calhaj dari tiap-tiap kecamatan mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Calon jamaah haji Kab Brebes juga akan mendapatkan pembinaan dari Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE pada 12 Agustus mendatang di Pendapa Bupati. (wasdiun)



© Pemerintah Kabupaten Brebes. All Rights Reserved.