logo

Tuesday 21st of November 2017

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-339 Tahun 2017

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Camat dan Lurah, menjadi penyambung utama pemerintah dengan masyarakat. Karena lebih dekat dengan rakyat dan menjadi tumpuan utama dalam berbagai persoalan dan program pembangunan. Untuk itu, camat dan lurah diharapkan mampu menjembatani dan membuat keputusan yang tepat ketika berhadapan dengan masyarakat.  Hal ini sejalan dengan dilimpahkannya beberapa kewenangan bupati kepada camat.

Demikian disampaikan Sekda Brebes H Emastoni Ezam atas nama Bupati Brebes, saat membuka bimbingan teknis (bintek) camat dan lurah se Kabupaten Brebes, di Grand Dian Hotel Brebes, Jumat (17/11).

Dijelaskannya, dalam pasal 225 ayat 2 menyatakan bahwa dalam pelaksanaan tugasnya camat memperoleh pelimpahan sebagian wewenang Bupati Atau Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. Kecamatan sebagai perangkat daerah kabupaten/kota yang dipimpin oleh camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati/Walikota. Oleh karena itu camat berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati/Walikota melalui Sekretaris Daerah.

 Sehubungan dengan adanya pelimpahan kewenangan tersebut, lanjutnya, kecamatan merupakan perangkat daerah kabupaten/kota yang paling dekat dengan masyarakat. Maka peran kecamatan dalam pelayanan masyarakat pun akan semakin bertambah, akibat dari pelimpahan sebagian kewenangan kepada kecamatan.

Read more: Camat Dan Lurah, Pemerintahan Terdekat Dengan Rakyat