logo

Saturday 22nd of July 2017

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-339 Tahun 2017

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Tanamkan Kebaikan Kapanpun dan Dimanapun

Wakil Rais PBNU KH Subkhan Makmun berharap agar manusia selagi hidup didunia untuk menanamkan kebaikan di muka bumi, dimanapun berada. Pasalnya, kebaikan yang ditaburkan akan disaksikan oleh teman, malaikat dan dilaporkan dalam ‘buku catatan’ abadi yang tersimpan di lauhulmahfudz.

“Apa yang diperbuat manusia, akan dicatat dalam Lauhul Mahfuzh, yang berarti “terpelihara” (mahfuzh),” ujar Kiai Subkhan saat mengisi bimbingan mental (bintal) bagi PNS Kabupaten Brebes di Pendopo Brebes, Jumat (8/1/16).

Jadi, lanjutnya, segala sesuatu yang tertulis di dalamnya tidak berubah atau rusak.  Untuk itu, Kiai berpesan untuk selalu bergaul dengan orang-orang baik. Orang baik yang di maksud memiliki cirri-ciri pertama, bila memandangnya selalu mengingatkan pada Allah.  Kedua, bila berbicara selalu menambah ilmu yang bermanfaat dan Ketiga, akhir dari pergaulan selalu menanamkan kebaikan.

 

Untuk dapat bergaul dengan orang baik, tentu dirinya harus baik terlebih dahulu. Minimal dilingkungannya masing-masing. Sehingga ketika meninggal duniapun akan dikenang selalu kebaikkannya, oleh lingkungan yang bersangkutan.

“Orang-orang disekitar kita, akan menjadi saksi kebaikan kita,” terang Kiai Subkhan yang juga pengasuh Pondok Pesanteren Assalafiyah Luwungragi Bulakamba Brebes.

Kata Kiai Subkhan, perilaku kebaikan kita di dunia perlu disaksikan orang lain. Sehingga dalam berbuat apapun jangan untuk kepentingan dirinya sendiri, tetapi harus bermanfaat bagi orang lain. Bergaul dengan orang baik akan menghasilkan kebaikan. Tunjukkan kepada masyarakat, kalau kita mampu berbuat lebih baik kepada siapapun dan dimanapun. Sebab, Tidak akan kekal kalau diliputi kedzoliman.

Berbahagialah bila meninggalkan ke baikan.  “Bekasnya kebaikan akan disimpan dilaufulmahfudz.  CCTV nya Allah SWT, bersyukurlah bagi kita yang dianugerahi Allah dengan kebaikan-kebaikan,” pungkasnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr H Angkatno menyampaikan bahagia karena Bintal bagi PNS Brebes sudah dipendopo Bupati. Sehingga semarak dan keakrabannya makin ditingkatkan. Namun demikian, masih perlu adanya kesepahaman dan kesadaran bersama dalam upaya peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Sementara Wakil Bupati Brebes Narjo SH menegaskan kepada seluruh PNS untuk semangat dalam meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Termasuk dalam melayani masyarakat, PNS harus bekerja sesuai dengan aturan. PNS harus netral melayani masyarakat, sebagaimana yang telah dia perbuat. “Buat apa jadi pemimpin  kalau tidak bermanfaat, melayani masyarakat dengan semangat merupakan langkah yang memberi manfaat nyata,” pungkasnya. (wasdiun)


Developed © Pemerintah Kabupaten Brebes 2017.