logo

Saturday 22nd of July 2017

Bupati dan Wakil

Hari Jadi Kab. Brebes

Hari Jadi Ke-339 Tahun 2017

OPD BARU 2017

OPD Kab. Brebes per 2017

GPR Kominfo

 

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Mencari makna keindahan kata lewat puisi, menjadi buah kerinduan pemenang lomba Baca Puisi Hari Jadi ke-339 Kabupaten Brebes Uswatun  Khasanah. Dalam keseharian, dia tak puas kalau belum menemukan kata-kata indah dibalk sebuah puisi.

“Rasanya, begitu damai ketika menemukan kata kata indah dalam puisi,” ujar Uswatun saat ditemui Humas di SMA Negeri 1 Bulakamba, Selasa (31/1) kemarin.

Uswatun mengaku membaca puisi setiap hari, terutama puisi-puisi karya penyair ternama Indonesia di berbagai buku kumpulan puisi dan koran serta majalah yang dia dapatkan. Dari kegemarannya membaca puisi, Uswatun menganggap puisi sebagai makanan batin yang harus tersedia setiap hari. “Kalau belum nemu puisi, rasanya belum hepi,” ujar siswa kelas X MIPA.

Sejak SD, Uswatun gemar seneng Puisi setelah mengetahui kalau dalam puisi itu ada kata kata indah yang maknanya indah pula. Sampai mengenyam bangku SMP 2 Bulakamba kegemarannya bertambah dan setelah menjadi siswa SMA, dia makin kesengsem sama rangkaian kata kata indah yang bernama puisi.

Dara manis kelahiran Brebes, 26 Juni 2000 ini belajar puisi dari gurunya sejak kelas V SD. “Aku berterima kasih banget pada Mereka yang telah membimbingku,” ucapnya.

Uswatun menilai, tidak banyak anak-anak muda yang mengenal puisi. Sebagai karya sastra lama tentu perlu diperkenalkan terus kepada generasi muda lewat berbagai lomba puisi. Termasuk perlunya sanggar-sanggar seni yang bisa mengembangkan seni, termasuk seni puisi. “Aku pengin menduniakan puisi,” tekad anak pasangan Darimun Alim dan Wasnah.

Dari kegemarannya membaca puisi, Uswatun kerap mendapat juara baca puisi. Terakhir menjadi juara 1 baca puisi dalam rangka Hari Jadi ke-339 Kabupaten Brebes beberapa waktu yang lalu.

Di rumah Jalan Mangga Rt 01 Rw 2 Desa Grinting Kecamatan Bulakamba itu, setiap hari berusaha menciptakan puisi. Dia mengaku sudah menciptakan puluhan puisi. Rencananya kalau jumlahnya sudah mencapai ratusan, akan dibukukan. “Gelincang hatiku, akan membuncah sebuah kata, dan pengin yang lain juga merasakannya lewat goresan puisiku,” pungkasnya.

Kepala SMA 1 Bulakamba Ahmad Fatawi merasa senang dengan peserta didiknya yang memiliki bakat dan talenta bagus. Diharapkan kiprah Uswatun, bisa menjadi pemicu bagi peserta didik lainnya untuk mengembangkan bakat Mereka masing masing.

 

Menurut Guru  Pembimbing SMA 1 Bulakamba Haris Yuftika Hani menilai Uswatun Khasanah, selain menggemari puisi juga memiliki bakat dan talenta yang bagus. Diantaranya diantara semasa SMP dulu pernah menjadi sekretaris OSIS, Wakil Pratama Pramuka, Sekretaris PMR, dan Paskibra. “18 Februari mendatang, Uswatun juga akan menjadi duta sekolah pada lomba story telling di Kabupaten. Dia gemar English juga, ikut di English club,” tambah Hani. (wasdiun)


Developed © Pemerintah Kabupaten Brebes 2017.