Hadapi Kompetisi Devisi III PSSI, Persab Seleksi 200 Pemain

PanturaNews (Brebes) - Sedikitnya 200 peserta lebih mengikuti seleksi sebagai pemain Persatuan Sepakbola Brebes (Persab) untuk persiapan menghadapi kompetisi Divisi III PSSI Jawa Tengah, di lapangan sepakbola H. Agus Salim Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes.

Seleski yang dilakukan oleh tim Persab Brebes ini, bukan hanya diikuti peserta dari wilayah Kabupaten Brebes saja. Namun perserta dari luar seperti Tegal, Pemalang dan Batang.
Demikian disampaikan Ketua Persab Brebes, Heri Fitriansyah ST, saat dikonfirmasi PanturaNews, Kamis 16 Februari 2012 sore.
"Seleksi pemain yang semula diagendakan mulai Rabu 15 hingga Jumat 17 Februari 2012, namum karena animo peserta cukup tinggi sehingga Tim Persab Brebes merencanakan dalam seleksi pemain tersebut akan berakhir pada Sabtu 18 atau Minggu 19 Februari 2012," ujarnya.
Menurutnya, pada hari seleksi tahap pertama itu, diikuti oleh 200 peserta lebih. Namun, setelah dilakukan seleksi terdapat 88 pemain yang dinyatakan lolos.

"Untuk seleksi tahap dua ini, rencananya dari 88 pemain yang dinyatakan telah lolos seleksi itu, akan diseleksi lagi menjadi 44 pemain. Hingga pada tahap akhir seleksi akan diambil 22 pemain," kata Heri yang juga sebagai Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Brebes itu.
Manajer Teknik Persab Brebes, Iriyando Dayu, mengatakan seleksi pemain dilaksanakan dalam tiga tahap. Pertama, seleksi games. Yakni, semua peserta bertanding bola. Mereka yang lolos kemudian mengikuti seleksi tahap dua berupa ketahanan fisik dan games. Pemain yang lolos, kembali ikut seleksi tahap tiga dengan uji teknik bermain.
Persab melaksanakan seleksi, lanjut Iriando, karena dalam kompetisi Divisi III ada batasan umur pemain, yakni maksimal 20 tahun atau maksimal kelahiran tahun 1992. Sehingga, pemain lama yang dimiliki Persab tidak bisa masuk. Setelah didapat pemain yang dibutuhkan, mereka nantinya akan digembleng dalam diklat Persab.
"Dalam kompetisi Divisi III sebelumnya, tim kami berhasil lolos kualifikasi. Namun, tidak bisa melanjutkan karena terhambat dana. Kali ini, kami juga menargetkan lolos kualifikasi sehingga bisa masuk ke Divisi II," terangnya.
Sementara itu, Sekjen Persab, M. Syamsul Haris, mengatakan peserta yang datang dari seluruh penjuru Kabupaten Brebes bahkan ada yang dari luar Brebes itu, secara otomatis pemain diatas 21 tahun dan di bawah 18 tahun akan dieleminasi terlebih dahulu. "Selanjutnya Tim seleksi menjaring secara objektif kemampuan pemain," tandasnya.