Calon Tunggal Pilkades Bantarkawung

Koranlokal.com (Brebes) - Pemilihan kepala desa (Pilkades) Bantarkawung kecamatan Bantarkawung tinggal hitungan hari lagi namun ternyata calon yang  awalnya 2 orangkini tinggal satu orang dan hal ini sesuai dengan UU yang berlaku bahwa pilkades Bantarkawung tetap harus dilaksanakan. Demikian disampaikan Kasi pemerintahan kecamatan Bantarkawung Drs Husni Pramono MSi kepada koranlokal.com, pada Senin (12/3/2012) siang.

Husni menambahkan, memang idealnya jika hanya ada satu nama calon pilkades hematnya langsung dikukuhkan seperti contoh ajaran Islam waktu memilih seorang kholifah. Namun di negara ini menganut sistem demokrasi sehingga biarpun hanya ada satu nama calon pilkades, proses pemilihan tetap harus dilangsungkan.
Untuk calon tunggal pilkades Bantarkawung sebenarnya lebih berat dibanding dengan melawan calon-calon lain pasalnya dalam pemilihan dengan calon tunggal, si calon harus dapat memperoleh suara 50 persen plus 1 dari jumlah Daftar Pemilih tetap (DPT) yang hadir, jika tidak dapat suara yang ditentukan maka pemilihan dianggap gagal. Berdasarkan hasil rapat panitia pada 23 februari 2012 diperoleh Daftar Pemilih tetap (DPT) untuk desa Bantarkawung berjumlah sekitar 3.693 hak pilih.Sementara untuk pelaksanaan pemungutan Suara atau Pilkades sendiri dilaksanakan pada tanggal 19 Maret 2012 mendatang yang bertempat di ruang serba Guna desa Bantarkawung dari pukul 08.00 hingga selesai. " Saat ini kami terus memantau proses demi proses pilkades Bantarkawung mulai dari proses pembentukan panitia hingga sekarang yang sudah memasuki proses persiapan penyedian logistik Pilkades seperti pemmbuatan kartu suara, undangan, Blangko dan penyiapan tempat. Kita berharap proses pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan lancar makanya kami akan kawal terus hingga pelaksanaan di hari H, pada 19 maret 2012 mendatang" pungkasnya. (Dan_KL.13/RI)