logo

Sunday 31st of July 2016

Bupati dan Wakil

Jumlah Pengunjung

Flag Counter

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE mengapresiasi penampilan SMK Maarif NU 01 Bulakamba pada pameran Produk SMK pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kabupaten Brebes di Alun-alun Brebes, Senin (2/5). Bupati menaruh perhatian dengan penampilan SMK NU 1 yang menampilkan inovasi mematikan lampu rumah dan membuka pintu gerbang rumah dengan media SMS lewat Handphone.

“Saya bangga dengan kreativitas anak-anak dengan inovasi teknologi tepat guna,” kata Bupati ketika meninjau Stand Pamer produk SMK NU 1 Bulakamba.

Inovasi, kata Bupati, akan terus terlahir ketika masih sekolah. Untuk itu harus dipupuk, dilatih tanpa mengenal lelah. Sehingga ketika terjun ke masyarakat hasil inovasi tersebut bisa dikembangkan dan lebih banyak manfaat yang bisa dinikmati masyarakat. “Teruslah berinovasi, jangan patah arang,” ajak Bupati.

Kepala SMK Maarif NU 1 Bulakamba Azizil Ghofar Djamhari menjelaskan, sekolah yang baru berdiri tahun pelajaran 2015/2016 ini memiliki 93 peserta didik. Mereka mengambil jurusan Teknik Sepeda Motor dan Teknik Multi Media.

Bupati juga mengelilingi 20 stand lainnya yang mengikuti pameran produk SMK dengan memamerkan berbagai hasil kreasi para guru dan siswa SMK. Seperti ketika berada di SMK Maarif NU 1 Wanasari, Bupati juga melihat maket gedung dan CCTV buatan para siswa.

Sementara ketika menyambangi SMK Bustanul Ulum NU Songgom, Bupati beserta wakil bupati Narjo SH, Sekda Emastoni Ezam beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menaiki mobil hasil rakitan para siswa. Bupati nyetir sendiri kendaraan yang tidak beratap itu mengelilingi alun-alun dan mendapat tepuk tangan sorak sorai dari para pengunjung.

Sebelumnya, pada upacara Hardiknas, Bupati membacakan amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan PhD antara lain memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21. Cakupan komponen yang harus dimiliki para siswa antara lain kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Kata Mendikbud, Karakter terdiri dari dua bagian, pertama, karakter moral, sesuatu yang sering kita bicarakan. karaker moral itu antara lain adalah nilai Pancasila, keimanan, ketakwaan, intergitas, kejujuran, keadilan, empati, rasa welas asih, sopan santun.

Yang kedua dan tak kalah pentingnya adalah karakter kinerja. Di antara karakter kinerja adalah kerja keras, ulet, tangguh, rasa ingin tahu, inisiatif, gigih, kemampuan beradaptasi, dan kepemimpinan. Dia ingin anak-anak Indonesia menumbuhkan kedua bagian karakter ini secara seimbang.
“Kita tak ingin anak-anak Indonesia menjadi anak yang jujur tapi malas, atau rajin tapi culas. Keseimbangan karakter baik ini akan menjadi pemandunya dalam menghadapi lingkungan perubahan yang begitu cepat,” tandasnya. (wasdiun)



Developed © 2016. Pemerintah Kabupaten Brebes.