Brebes Ditetapkan Sebagai Kabupaten ODF

Pengelola Berita

2021-12-22 | 08:36:34

# Comments

Pemerintah Kabupaten Brebes berhasil mendapatkan predikat Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Predikat ini tercapai atas kerja keras seluruh komponen masyarakat selama bertahun-tahun, terutama dalam mengubah perilaku masyarakat Brebes dalam BABS yang sudah membudaya.

“Alhamdulillah, Kabupaten Brebes dinyatakan ODF. Ini menjadi kebanggaan kita bersama atas kerja keras seluruh komponen masyarakat,” kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat mendeklarasikan ODF, di Pendopo Bupati Brebes, Selasa (21/12).

Tercapainya ODF, kata Idza, tidak hanya mewujudkan Kabupaten Brebes Stop Buang Air Besar Sembarangan saja. Tetapi kedepannya mampu mewujudkan Kabupaten Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Untuk mewujudkannya, perlu kerja keras lintas sektor seperti Tim Sanitarian, Pemkab, TNI, Polri, Baznas, Bank jateng, BKK dan elemen masyarakat lainnya.

Idza mengatakan, meskipun sudah ditetapkan sebagai Kabupaten ODF, harus tetap berkomitmen untuk perbaikan secara terus menerus. Mempertahankan kondisi tetap ODF diantaranya tetap mengganggarkan pembiayaan peningkatan jamban sehat sampai semua keluarga di Brebes dipastikan memiliki Jamban.

Idza juga menyampaikan Kabupaten Brebes bertekad tidak hanya menjadi Kabupaten ODF tetapi juga berkomitmen menjadi Kabupaten STBM, menuju Kabupaten Sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah melalui Kabid Kesmas Wahyu Styaningsih menjelaskan, di tahun 2021 hanya ada dua Kabupaten/kota yang ODF yakni Kabupaten Brebes dan Kota Tegal. Kabupaten Brebes menjadi kabupaten ke-23 ODF di Jateng, sehingga masih ada 12 kabupaten/kota lagi yang belum bisa ODF.

Wahyu mengaku salut dan bangga kepada Pemerintah Kabupaten Brebes, karena sebagai Kabupaten dengan wilayah terluas kedua se Jawa Tengah dan jumlah penduduk terbanyak se Jawa Tengah berhassil meraih predikat ODF di tengah pandemi Covid-19.

Menurut Wahyu, dari 10.503.753 Kepala Keluarga (KK) di Jawa Tengah, yang sudah ODF sebanyak 95,60 persen dan sisanya 4,40 persen masih BABS. Untuk Kabupaten Brebes, sesuai hasil verifikasi lapangan Tim Sanitarian Dinas Kesehatan Prov Jateng tercatat sejumlah 5371 KK di 17 kecamatan 197 desa, diketahui akses sanitasinya sudah 100 persen. Meskipun, masih ada Pekerjaan Rumah dalam peningkatan cakupan kepemilikan Jamban sehat dan aman.

Dengan deklarasi ODF, kata Wahyu, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian bersama antara lain tetap menjaga dan mempertahankan kondisi ODF. Meningkatkan akses jamban sehat dan aman serta membudayakan prilaku hidup bersih sehat. Menumbuhkembangkan semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat demi terwujudnya akses universal. Meningkatkan kualitas akses sanitasi terutama yang shering dan semi permanen. Dan mengembangkan program kabupaten /kota sehat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sri Gunadi Parwoko mengatakan keberhasilan ODF adalah hasil kerja keras. Terutama perjuangan Tim Relawan Sanitarian yang selalu menyuarakan dan mensosialisasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan di masyarakat.
Penulis : Yaser Arafat
Editor : Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment