Bupati Siapkan Titik-Titik Rest Area Pemudik

Pengelola Berita

2022-04-29 | 13:19:35

# Comments

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menyiapkan titik-titik rest area bagi pemudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah. Titik titik tersebut, disediakan agar pemudik bisa beristirahat ketika melakukan perjalanan yang cukup melelahkan dari Jakarta hingga Brebes.

“Kami sediakan titik-titik rest area bagi pemudik agar bisa beristirahat dan menikmati kuliner serta suasana Brebes yang nyaman,” tutur Bupati Idza kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, saat menerima kunjungan kerja pantauan arus mudik lebaran di Exit Tol Pejagan Brebes, Kamis (28/4) sore.

Idza menjelaskan, titik-titik rest area tersebut adalah di setiap Kantor Kecamatan, Polsek, Koramil dan Puskesmas. Langkah Bupati diambil setelah mendengar kalau rest area di jalan tol selalu sesak sehingga pemudik bisa keluar tol untuk istirahat di wilayah Brebes.

Dengan menggandeng Kepolisian dan TNI, kata Idza, rest area tersebut akan lebih nyaman dan aman. Idza juga menyediakan layanan kesehatan di setiap puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya di seluruh Kabupaten Brebes.

“Layanan kesehatan, kami buka 24 jam penuh. Ada 28 puskesmas. 11 rumash sakit, dan 6 posko terpadu yang siap melayani persolan kesehatan pemudik,” ungkap Idza.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakuan kunjungan kerja ke Brebes sekaligus pantauan arus mudik dari udara. Menteri melakukan overview dari Bogor, lalu ke tol layang Japek II (MBZ), Cikampek, Cikopo, hingga Brebes. Dia menjelaskan arus mudik masih terpantau ramai lancar hanya ada penumpukan di rest area. Kepadatan, diprediksi akan terjadi usai Sholat Tarawih Kamis (28/4).

Untuk itu, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas bersama Polri dengan menerapkan one way mulai pukul 17.00.

Menteri mengapreasiasi langkah Pemkab Brebes, TNI dan Polri beserta jajarannya di daerah karena telah menunjukan empati dan solidaritas yang tinggi untuk para pemudik tahun ini. Penyediaan titik titik rest area akan mengurangi tingkat kepadatan di rest area jalan tol.

Kapolres Brebes Faisal Febrianto dalam laporannya, antara lain perlu kewaspadaan pemudik saat melintasi fly over Kretek Paguyangan. Karena di FO tersebut sering terjadi kecelakaan hingga menelan kurban. Pihaknya juga telah menempatkan para petugas dengan dibantu dari diberbagai element masyarakat yang sudah dlatih.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Dirgakum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Direksi Jasa Raharja, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto, Dandim 0713 Brebes Haikal Sofyan, Kadin Dishub Brebes Budi Darmawan dan Kadin Dinkes Brebes Ineke Tri Sulistyowati dan jajaran terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Menteri dan Bupati memberikan bingkisan lebaran kepada para petugas arus mudik di gerbang tol Pejagan Brebes. (Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment