Cegah Banjir, Masyarakat Brebes Bersih Sungai

Pengelola Berita

2022-11-11 | 20:41:31

# Comments

Memasuki musim penghujan, masyarakat Brebes bergotong royong bersih sungai. Mereka yang berasal dari berbagai kalangan (pentahelix) serentak memotong Ilalang, Eceng Gondok, sampah dan lain-lain. Diharapkan, bisa memperlancar arus sungai sehingga tidak terjadi banjir. Untuk itu, perlu langkah konkrit dengan intensif berkoordinasi dengan Pentahelix dan seluruh pemangku kepentingan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat membuka  kegiatan  normalisasi dan bersih sungai di bantaran Kali Babakan Desa Cimohong, Jumat (11/22).

Bupati Brebes Idza Priyanti SE MH mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kelompok Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Jaga Kali (Masjaka).  Masjaka dinilai telah sukses menjadi motor penggerak dalam menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan sungai dan menjaga kelestarian Lingkungan.

Idza mengatakan banjir sering terjadi karena luapan air sungai akibat curah hujan tinggi karena sungai dangkal. Sungai menjadi dangkal akibat oleh sampah dan endapan material sungai yang semakin banyak sehingga sungai pun menyempit.

“Ilalang yang tumbuh di sepanjang aliran sungai, tentu bisa mengakibatkan  air tidak bisa mengalir lancar hingga muara, ke laut,” ujar Idza.

Idza berharap dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan normalisasi dapat mengalirkan air sungai dengan  lancar hingga ke muara, artinya banjir bisa dicegah.

Ketua KPS Masjaka Mahfudin menjelaskan, kegiatan bersih sungai dan normalisasi sungai Babakan yang ada di Desa Cimohong hingga Krakahan akan dilaksanakan selama 30 Hari. Aksi ini sebagai wujud sumbangsih masyarakat dalam momentum Hari Pahlawan 2022 yang melibatkan berbagai unsur Pentahelix

Dia berharap, langkah kecil ini dapat meminimalisir terjadinya banjir di sepanjang aliran sungai Babakan yang selalu terjadi setiap musim penghujan tiba.

Dalam kesempatan tersebut Mahfudin juga mengucapkan terima kasih kepada pihak pihak yang sudah banyak membantu dan merespon cepat segala usulan yang terkait dengan pencegahan banjir di Kabupaten Brebes.

Turut hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes, tokoh masyarakat Desa Cimohong DR (HC) Muhadi Setyabudi, Kepala Desa Cimohong dan Krakahan, Perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung, seluruh anggota Kelompok Peduli Sungai (KPS) Masyarakat Jaga Kali (Masjaka) dan undangan lainnya.

Penulis: Yaser Arafat
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment