Desa Wlahar, Sasaran Baksos HUT RI

Pengelola Berita

2022-08-25 | 14:54:04

# Comments

Desa Wlahar Kecamatan Larangan menjadi titik sasaran bakti sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Brebes. Bakti sosial dipimpin Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH dengan memberikan simbolis bantuan kepada perwakilan warga setempat, Minggu (21/8).

Narjo mengingatkan agar semangat kegotong royongan dan kebersamaan dengan cara peduli dan kepada sesama harus terus digelorakan dan dibuktikan, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Brebes. Dia mengatakan, kalau Pemerintah Kabupaten Brebes terus berupaya melaksanakan berbagai macam program pembangunan baik infrastruktur maupun pembangunan SDM sebagai bentuk kegotongroyongan, Termasuk kegiatan bakti sosial sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya untuk pengentasan kemiskinan ekstrem

Bhakti sosial yang melibatkan OPD terkait dan dilaksanakan secara sinergi dengan sasaran Desa Wlahar, Kecamatan Larangan yang merupakan salah satu dari 25 desa miskin ekstrem di Kabupaten Brebes

Bhakti sosial ditujukan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara sengkuyung atau bersama sama diantaranya pembagian sembako kepada 250 warga miskin. Pelayanan vaksinasi Booster, pelayanan pengobatan hewan, pelayanan KTP dan Akte serta pembagian bibit tanaman sayuran pekarangan dan buah-buahan.

“Perlu kita syukuri bersama, bahwa pandemi Covid-19 sudah berangsur-angsur mereda, namun jangan sampai lengah dan waspada dengan tetap menjalankan aktivitas sesuai protokol kesehatan,” pesan Narjo.

Pembagian paket sembako dengan tujuan membantu meringankan beban kebutuhan masyarakat. Paket tersebut berisi beras 3 kg, gula 1kg, minyak goreng 1 liter, telur 1/2 kg. Juga diberikan bibit tanaman sayuran seperti tomat, terong dan cabe serta buah-buahan.

Bibit tanaman diharapkan dapat ditanam di pekarangan rumah masing masing dan dipelihara dengan baik agar nantinya dapat berbuah dan hasil dapat dipanen untuk dikonsumsi keluarga. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga dan mengurangi pengeluaran belanja.

Ketua Panitia Baksos Ir Yulia Hendrawati MSi melaporkan, bakti sosial digelar di Desa Wlahar dengan agenda pemberian bibit Mangga dari DLHPS, paket sembako dari DPKP sebanyak 300, dari DPKH berupa pengobatan ternak, inseminasi (kawin suntik), dari Dinkes berupa Vaksinasi Covid-19 dan dari Dikdukcapil berupa Pelayanan e-KTP dan Akta Kelahiran.

Plt Camat Larangan Eko Supriyanto mengatakan, mengajak kepada warga masyarakat Wlahar agar bersyukur karena tahun ini Bhakti Sosial ditempatkan di Wlahar. Kepedulian ini, agar dimaknai sebagai upaya memicu keluar dari kategori miskin ekstrem.

“Semoga bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat yang kurang mampu sehingga lepas dari belenggu miskin ekstrem,” tandas Eko.
Penulis: Bambang Sugiarto
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment