Eks Bengkok Kelurahan Limbangan Kulon Disulap Jadi RTH

Pengelola Berita

2022-05-29 | 22:06:35

# Comments

Inovasi jitu yang dilakukan Lurah Limbangan Kulon, Kecamatan Brebes Arba Setianto SE yang telah menyulap lahan kosong eks tanah bengkok, menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH) mendapat acungan jempol Bupati Brebes. Langkah kreatif Arba mendapat apresiasi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat meresmikah RTH tersebut, Selasa (24/5) lalu.

“Saya mengapresiasi Lurah Limbangan Kulon, yang tentunya bersama masyarakat telah berhasil menyulap lahan kas desa eks bengkok yang tadinya digunaskan untuk pembuangan sampah menjadi RTH yang lebih bermanfaat,” puji Bupati.

Bupati berharap RTH tersebut bisa menjadi sarana rekreasi yang murah meriah. Disamping itu, menumbuhkan ekonomi kreatif bagi warga sekitar karena muncul kuliner, arena bermain anak dan juga sarana olahraga. Dengan aktivitas keramaian yang muncul menandakan geliat ekonomi tumbuh di area RTH.

Sambung Idza, RTH bukan hanya menjadi tempat rekreasi yang murah meriah, namun para pedangang dan pengusaha dapat megembangkan usaha di seputar keramaian tersebut, kesempatan kerja bertambah, perputaran uang meningkat dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat meningkat juga.

Semakin banyak pusat keramaian di Kabupaten Brebes maka akan lebih semarak dan berdampak positif pada perputaran roda ekonomi yang lebih cepat. Terlebih setelah dihantam pandemi covid 19 lalu, tren di masyarakat bergeser, dimana kegiatan-kegiatan luar ruangan menjadi lebih disukai.

Bagi anak-anak, kata Idza, RTH menjadi sarana menyalurkan energi mereka dalam bermain di tempat terbuka yang menyenangkan. Terlebih dengan kemajuan teknologi, saat ini banyak anak yang lebih suka bermain game di ponsel dari pada berlarian bersama teman.

Untuk itu, lanjutnya, para orang tua agar dapat mengawasi ketika anak bermain ponsel. Jangan sampai mereka mengakses hal-hal yang tidak sesuai dengan usia. Sebaliknya doronglah mereka untuk bermain di luar, bersosialisasi sekaligus berolahraga bersama teman-temannya. Dan keberadaan RTH ini menjadi salah satu sarananya.

Bupati berpesan, agar RTH dijaga dan dipelihara bersama dengan baik, sehingga memiliki nilai manfaat yang lebih lama dan lebih besar. "Aja mung bisa mbangun tapi ora bisa ngopeni," ungkapnya.
Kepala Kelurahan Limbangan Kulon Arba Setianto SE melaporkan, RTH ini tadinya tanah kas desa yang menjadi tempat pembuangan sampah liar yang mengakibatkan pencemaran lingkungan. Untuk itu, pihaknya berharap dukungan dari berbagai steakholder untuk keberlanjutan RTH.

Kepala Pusat PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta yang diwakili Plt Bidang 1 PPSDM Kemendagri Regional Yogyakarta Drs Mirza Erapunagi mengapresiasi inovasi Lurah Arba. Karena telah mengelola Pemanfaatan Lahan Kas Desa (Eks Bengkok) di wilayah Limbangan Kulon.

Dia melihat, masih banyak aset-aset Pemda yang belum terkelola dengan baik. Untuk itu, perlu ada perspektif baru untuk dimanfaatkan. Dan jika tidak dimanfaatkan maka kadang-kadang malah bisa dipakai yang tidak bagus atau tidak semestinya bahkan nanti bisa hilang. Karena dianggap pemerintah tidak bisa mengurus asetnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala Dinas terkait, Camat Brebes, Kapolsek, serta tamu undangan lainnya.
Penulis: Suprapto
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment