Harkitnas, Tonggak Kebangkitan dari Pandemi Covid-19 dan Krisis Multidimensi

Pengelola Berita

2022-05-20 | 19:26:59

# Comments

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 Tahun 2022 menjadi tonggak kebangkitan bangsa dari Pandemi Covid-19 dan krisis multidimensi. Dengan mengusung tema, “Ayo Bangkit Bersama” merupakan bentuk seruan agar kita kembali bangkit bersama dari pandemi covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

Demikian sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G Plate saat upacara Harkitnas sebagaimana dibacakan Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haekal Sofyan, di Alun-alun Brebes, Jumat (20/5).

Menurutnya, Harkitnas tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi covid-19 dan krisis multidimensi yang melanda dunia. Johnny G Plate juga berharap Peringatan Harkitnas tidak hanya di maknai sebagai seremonial belaka, tetapi hendaknya dipahami esensi sejarah kebangkitan nasional itu sendiri.

Penanganan covid-19 yang membaik, lanjutnya, berimplikasi pada berangsur kembalinya aktivitas masyarakat secara normal. Secara perlahan, hal ini mendorong pemulihan perekonomian nasional.

Disampaikannya, perekonomian Indonesia pada triwulan I Tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,01 persen. Hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, kecuali administrasi pemerintahan dan jasa pendidikan.

Dari sisi produksi, ada tiga lapangan usaha yang mengalami pertumbuhan tinggi yakni sektor usaha transportasi dan pergudangan 15,79%, sektor jasa-jasa lain 8,29%, dan Sektor informasi dan komunikasi 7,14%.

Upacara peringatan Harkitnas tingkat Kabupaten Brebes berlangsung hikmat dan sukses. Upacara yang dimotori Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Dinkominfotik) Kabupaten Brebes antara lain diikuti unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, ASN, Mahasiswa, Organisasi Kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan. Bertindak sebagai Pembina Upacara Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Armed Mohamad Haekal Sofyan.

Sebelumnya, digelar upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Tama Brebes dengan pemimpin rombongan Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto. Serentak, Kapolres beserta Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Forkompimda Kabupaten Brebes, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Brebes memanjatkan doa dan menabur bunga di atas pusara para pahlawan kusuma bangsa, di Kabupaten Brebes.
Penulis: Yaser Arafat
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment