Idza: Penuhilah Hak-hak Anak

Pengelola Berita

2022-08-08 | 08:33:39

# Comments

Anak merupakan salah satu modal dasar dalam pencapaian pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, keberadaan anak harus mendapatkan pemenuhan dan perlindungan akan hak-haknya, sehingga perkembangannya dapat menjadi generasi yang berkualitas di masa yang akan datang.

Pernyataan tersebut disampaikan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH pada Peringatan Hari Anak Hasional (HAN) tingkat Kabupaten Brebes 2022, di Pendopo Bupati Brebes, Sabtu (6/8).

Sebagaimana tema peringatan HAN 2022 yaitu “Anak Terlindungi Indonesia Maju”, mengejawantahkan amanat undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Perlindungan anak, diterapkan di segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Bupati Brebes mengajak kepada seluruh orang tua agar selalu memperhatikan tumbuh kembang anak-anak. Jagalah mereka dari hal-hal yang dapat merusak masa depannya, khususnya bahaya narkotika dan obat-obat terlarang serta pergaulan bebas. Karena salah asuh dan salah pergaulan anak-anak, menjadi ancaman serius bagi bangsa kita. Jangan lupa bahwa merekalah kelak yang akan melanjutkan pembangunan di negeri ini.

Idza menegaskan, komitmen dalam pemenuhan hak anak, terus dilakukan pemerintah Kabupaten Brebes. Terbukti, sejak 2011 atau 10 kali sejak program Kabupaten Layak Anak (KLA) diluncurkan Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Secara berurut, Kabupaten Brebes menunjukan prestasinya dengan Anugerah KLA 2011 Kategori Pratama, tahun 2012 Kategori Madya, tahun 2013 Kategori Pratama, tahun 2014 hingga 2018 Kategori Madya dan tahun 2019 hingga 2022 Kategori Nindya,” pungkas Idza.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3KB Kabupaten Brebes Eni Lestiana mengatakan, puncak peringatan HAN 2022 Kabupaten Brebes dengan mengundang beberapa anak berprestasi. Penampilan mereka di depat teman-temannya di pendopo selain menambah semangat juga menjadi motivasi anak–anak lainya untuk lebih berprestasi.

Tampak memukau penampilan mereka antara lain tari tradisional, tari modern, drummer cilik, pencak silat dan berbagai atraksi dari anak–anak Kabupaten Brebes.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten Sekda bidang Ekonomi dan Pembangunan Tety Yuliana, Staf Ahli Bupati bidang Kesra Ahmad Mamun, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Caridah, Forum Anak Kabupaten Brebes, Pengurus PKK Kabupaten Brebes, serta perwakilan Kepala SD dan SMP di Kabupaten Brebes.
Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment