Kepala DPKH Prov: Sediakan Pakan Ternak Berkualitas

Pengelola Berita

2022-09-23 | 09:53:38

# Comments

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Jawa Tengah Ir Agus Wariyanto SIp MM mengingatkan kepada para peternak agar mampu menyediakan pakan ternak yang berkualitas. Yakni pakan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi ternak. Ternak yang mendapatkan pakan yang berkualitas akan mencapai produksi dan produktivitas yang optimal.

Hal tersebut disampaikan Agus Wariyanto saat sambutan Bimbingan Teknis Pakan dan Inovasi Kelembagaan Ekonomi Peternak Domba Sakub, di Hotel Anggraeni, Bumiayu, Rabu (21/9).

Ketika ternak terdampak PMK, lanjutnya, maka pemberian pakan dengan jumlah pakan dan nilai nutrisi yang tepat, membuat ternak cepat pulih dan mampu mencapai produktivitas seperti saat sebelum sakit, bahkan lebih bagus kesehatannya.

Agus menguraikan, pada umumnya peternak akan memberikan pakan sesuai dengan tingkat kemampuan ekonomi dan tidak memperhatikan kualitas maupun kuantitas pakan yang diberikan. Pakan akan dicarikan dari sumber seadanya sehingga produktifitas ternak pada tingkat peternakan rakyat umumnya masih rendah. Hal ini disebabkan terbatasnya pengetahuan peternak tentang pakan.

“Inilah tugas pemerintah, terutama petugas teknis yang mengampu fungsi pakan/wastukan,” tandas Agus.

Wastakun berkwajiban membina pelaku usaha peternakan untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan pakan yang berkualitas untuk ternaknya.

Agus mengaku bangga dengan salah satu upaya untuk pelestarian sumber daya genetik (SDGH) asli Indonesia, telah ditunjukkan oleh Pemkab Brebes dengan diluncurkannya Domba Sakub. Domba Sakub merupakan domba asli Kabupaten Brebes yang banyak berkembang di lereng Gunung Slamet. Domba ini merupakan persilangan dari domba jenis texel, sulfok, merino dan domba lokal. Kelebihan Domba Sakub adalah pada besarnya bobot badan domba tersebut, sehingga cocok dibudidayakan sebagai ternak potong.

Budidaya ternak domba pada saat ini, tentu saja masih dibayang-bayangi oleh Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Pemerintah harus mendampingi peternakan untuk upaya penanggulangan dan pemulihan ternak yang terdampak PMK. Salah satu upaya pemulihan ternak terdampak PMK adalah dengan pemberian pakan yang berkualitas.
Kepala DPKH Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto MSi menerangkan, Bintek bertujuan untuk memberikan informasi mengenai strategi-strategi pemberian pakan untuk ternak terdampak PMK agar cepat pulih dari sisi produksi maupun reproduksi dan regulasi-regulasi di bidang pakan dalam mendukung pembangunan peternakan dan kesehatan hewan.

Tampak hadir Direktorat Pakan Dirjen PKH Kementerian Pertanian Republik Indonesia drh M Syukron Amin MSi, dosen FKH UGM drh Agung Budiyanto MP PhD, dosen Fakultas Peternakan UGM Ir Panjono SPt MP PhD IPM ASEAN Eng dan Petugas teknis yang mengampu fungsi pakan/Wastukan Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah. (Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment