Kerukunan Umat, Sangat Dibutuhkan

Pengelola Berita

2023-01-04 | 20:25:06

# Comments

Kerukunan umat beragama sangat dibutuhkan bangsa Indonesia agar menjadi lebih hebat. Dan menjadi tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Karena kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat membacakan Amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas pada upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-77 tahun 2023 tingkat Kabupaten Brebes, di halaman Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1 Brebes), Selasa (3/1).

Kata Gus Yaqut demikian panggilan akrabnya, sejatinya kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai.

Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama.

“Saya tegaskan, tidak ada ASN Kementerian Agama yang jadi partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat,” tandas Gus Menteri.

Selain itu Gus Menteri juga mengajak momentum HAB ke-77 Kemenag untuk meningkatkan soliditas organisasi. Dalam artian, berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tentu  dengan memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan terhadap umat.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Brebes M Fajarin berterima kasih kepada seluruh jajaran ASN yang telah turut serta dan mensukseskan kegiatan dalam rangka HAB Kemenag. Juga kepada jajaran Forkopimda, Pj Bupati Brebes, Sekretaris Daerah (Sekda) Brebes dan Kepala OPD lainnya.
Fajarin berharap, dengan kegiatan ini bisa memberikan motivasi kepada keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Brebes untuk terus semangat dan lebih giat lagi dalam memberikan layanan kepada masyarakat secara luas.

HAB ke-77 tahun 2023 tingkat Kab Brebes yakni, memberikan bantuan pendidikan, lomba-lomba, di madrasah, pondok pesantren, dan dari Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Kementerian Agama.

Puncak acara digelar jalan sehat kerukunan yang akan melibatkan semua unsur-unsur keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Brebes, tokoh lintas agama, FKUB, dan masyarakat.

Usai upacara, Pj Bupati menyematkan tanda penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada ASN di lingkup Kementerian Agama Kabupaten Brebes dan penampilan talenta siswa siswi berprestasi.

Tampak hadir jajaran Forkopimda, Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, Kepala Kantor Kemenag Brebes M Fajarin, Ketua FKUB Brebes Supriyono, tokoh agama, guru dan siswa serta tamu undangan lainnya.
Penulis: Suprapto
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment