Kiai Subekhan: Jadilah Pemimpin Yang Adil

Pengelola Berita

2022-12-26 | 21:46:06

# Comments

Pengasuh Pondok Pesantren Assalafiyah Luwungragi Brebes KH Subekhan Makmun menandaskan pentingnya pemimpin yang adil. Sebab dengan kepemimpinan yang adil termasuk golongan manusia yang akan masuk surga terlebih dahulu, atas jariyah manfaat yang telah diberikan kepada masyarakat.

“Imam yang adil akan masuk surga lebih dulu, karena dari kepemimpinannya bisa mensejahterakan masyarakat,” tutur Kiai Subekhan saat menerima silaturahmi Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH, di Ndalem Kiai Kompleks Pesantren, Jumat (23/12).

Kiai tidak sepakat kalau kemudian ada sekelompok masyrakat atau pribadi tertentu yang selalu menjelek-jelekan pemimpinnnya. Aja ngalah ngalahna pemimpin, selalu bersyukur punya pemimpin yang baik.

Kiai Subekhan membandingkan bagaimana hebatnya para aulia dan para wali sanga yang walau Sunan gunung jati, sudah meninggal bisa mendatangkan rejeki. Termasuk kehebatan Gus Dur yang telah mendatangkan rejeki tanah Jombang.

“Sel sel yang telah mati bisa mendatangkan rejeki, itu karena menjadi pemimpin yang adil,” terang Kiai Subekhan yang juga Rais Suriah PBNU.

Kiai Subekhan juga keunggulan Google yang kering, dikatanya Google canggih tapi tidak sampai ke akherat karena saat diakherat orang mati tidak bisa membawa handphone.

Pj Bupati Urip Sihabudin mengaku senang bisa bersilaturahmi ke Kiai Subekhan. Urip meminta petunjuk sekaligus memperkenalkan diri, meskipun sebagai putra Cikeusal Kidul, Kec Ketanggungan, Brebes tetapi lama hidup di luar Brebes.

Dirinya baru diutus Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk memimpin Brebes mulai 13 Desember 2022 hingga 2024.

Selain sowan sebagai Pj, dirinya juga mengundang Kiai Subekhan untuk mengisi tausiyah saat Tasyakuran Tahun Baru Hijriyah di Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT).

Turut mengikuti kunjungan silaturahmi antara lain Asisten Bidang Pemerintahan Khaerul Abidin, Kabag Kesra Setda Ahmad Sekhu, Staf Ahli Kesra Furqon, Ketua Baznas Abdul Haris dan pejabat lainnya.
Penulis: Bayu Arfi
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment