Kontes Ayam Pelung Dongkrak Peningkatan Ekonomi

Pengelola Berita

2022-11-14 | 18:57:20

# Comments

Kontes Ayam Pelung tidak hanya menjadi alternatif hobi, namun dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, jika ditekuni. Terbukti dari kontes tersebut tidak hanya peserta dalam daerah yang datang juga dari luar daerah Kabupaten Brebes. Maka dari itu, jangan jadikan kontes ini sebagai ajang adu gengsi. Tetapi bisa dikolaborasi dengan pelaku UMKM maka dahsyat dampaknya dari segi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Brebes Narjo,SH MH saat membuka Kontes Ayam Pelung Lokal Terbuka “Brebes Berjuang Cup” di Gedung Olahraga Sasana Adhi Karsa Brebes, Minggu (13/11).

Dari waktu ke waktu penghobi dan peminat hewan peliharaan kian banyak, termasuk Ayam Pelung. Penggemarnya dari berbagai kalangan, dari skala daerah hingga tingkat nasional. Tidaklah mengherankan, ketika menggelar kontes Ayam Pelung peminatnya sangat tinggi.

“Utamakan kebersamaan dan tekad untuk melestarikan keberadaan Ayam Pelung,” ujarnya.

Pembina II Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPPAPI) Brebes Budi Darmawan menjelaskan, kontes Ayam Pelung merupakan kegiatan resmi yang menjadi puncak barometer seni suara Ayam Pelung. Kontes ini akan menjadi agenda tahunan HIPPAPI Jateng untuk menjaring jawara-jawara baru ayam lokal.

Dari kegiatan ini banyak sisi positif tidak hanya sekedar hobi, tapi juga penghilang stress serta semangat juang. Selain itu, juga dapat mendorong pengembangan varietas ayam unggul, termasuk promosi pariwisata dan membantu perekonomian baik peternak maupun penghobi itu sendiri.

Kontes ini, lanjut Dadang-demikian panggilan akrab Budi Darmawan, bertujuan untuk memperkenalkan seni suara Ayam Pelung pada masyarakat. Selain itu menjadi ajang silaturahmi dan bertukar informasi antar pecinta pelung lokal.

Turut hadir Kasdim 0713 Brebes Mayor Infanteri Drs Abdul Asis Lallo, Kapolsek Brebes AKP Mulyono, perwakilan DPP HIPPAPI H Edi Sutedi, serta para peserta kontes Ayam Pelung dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment