Laris, Posko Layanan Gratis BPJS Kesehatan

Pengelola Berita

2022-05-11 | 13:19:15

# Comments

Direktur Pengawasan, Pemeriksaan dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Pusat Mundiharno, mengaku senang melihat antusiasme pemudik yang balik ke Jakarta memanfaatkan Posko Layanan yang disediakan BPJS Kesehatan. Dia sengaja memantau kegiatan Posko Kesehatan yang disediakan institusinya beserta Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH dan jajarannya, di Rest Area 260 B Heritage, Banjaratma, Brebes, Kamis (5/5).

“Di musim mudik-balik Lebaran 1443 Hijriyah ini, kami sengaja membuka Posko Layanan Kesehatan. Posko ini tidak hanya untuk peserta BPJS saja tetapi juga untuk masyarakat umum khusunya para pemudik,” ungkap Mundiharno disela peninjauan Posko.

Dalam pantauannya, Mundiharno menyapa puluhan pemudik yang mau balik ke Jakarta. Diantaranya mereka berasal dari Pamekasan Madura, Lombok dan Boyolali. Mereka sengaja mampir ke Posko, untuk sekadar memeriksakan tensi darahnya. Ada juga yang sekadar duduk beristirahat sambil menikmati minuman gratis yang disediakan BPJS. Pun ada pula yang menikmati kursi pijat refleksi gratis.

“Kalau pijat di Mal kan bayar Rp 10 ribu, pa. Di sini mah gratis,” ujar Anto pemudik dari Boyolali yang mau balik ke Bekasi sembari tersenyum merekah.

Mundiharno menjelaskan, di bukanya Posko Mudik-Balik untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memeriksakan kondisi kesehatannya. Ada yang memeriksakan, tensi, kolesterol, cek gula darah. Kalau yang ingin sekadar istirahat tersedia juga ada snack, ada minuman, ada kursi pijat.
Posko mudik dibuka sejak 26 April sampai 3 Mei 2022 sedangkan untuk Posko Balik dibuka sejak 4-8 Mei 2022 selama 24 jam.

“Posko Kesehatan Ini penting, karena kemungkinan macet dan perjalanan jauh cukup melelahkan para pemudik maupun balik terhadap kondisi kesehatannya. Untuk itu harus dipantau dan dijaga dengan baik,” ungkapnya.

Dari direksi, lanjutnya, sengaja melakukan supervisi pemantauan apakah posko mudik berjalan dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh para pemudik. Posko ini sekaligus membangun sinergi dengan pemerintah daerah terhadap dukungannya dengan program jaminan kesehatan. Sehingga perjalanan mudik masyarakat bisa berjalan dengan baik. Dia berharap, perjalanan pemudik bisa berjalan dengan baik, aman dan nyaman.

Mundiharno juga menyampaikan, bagi yang belum menjadi peserta JKN, Posko ini sekaligus sebagai tempat sosialisasi agar masyarakat bisa mengetahui cara menjadi peserta dan manfaat yang bakal diperolehnya.

Di Posko Mudik Lebaran 2022, BPJS Kesehatan mendirikan 7 Posko Kesehatan disepanjang Jalur Pantura. Titik-titik Posko yakni untuk Mudik berada di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya, Sidoarjo, dan Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Sedangkan untuk arus balik, Posko berada di Rest Area Cipali KM 164 B dan Rest Area Banjaratma Brebes KM 260 B. Di Posko tersebut, tersedia dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Dalam pantauannya, Mundiharno melihat para pemudik mayoritas dalam kondisi prima kesehatannya. Tidak ada hambatan yang berarti, namun bila ada ganggunan kesehatan yang berarti dan perlu perawatan disediakan ambulance untuk dirujuk ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.

Wakil Bupati Brebes Narjo berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena telah memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pemudik. Apalagi posko pemudik tersebut ditempatkan di Rest Area 260 B yang merupakan Rest Area Heritage yang ada di Brebes.

Selain bisa membantu pelayanan kesehatan, juga sekaligus bisa menjadi ajang promosi komoditas unggulan Brebes yang telor asin dan bawang merah Brebes. “Kalau sudah mampir di Brebes, Insya Allah pada beli telor asin dan bawang merah,” ungkap Narjo.

Narjo menjelaskan, kalau masyarakat Brebes mayoritas mengikuti JKN BPJS Kesehatan. Dengan penduduk sebanyak 1,97 juta jiwa, kepesertaannya sudah mencapai 90 persen. Dan kerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah terjalin sejak lama.

Tampak mendampingi Wakil Bupati Brebes Narjo antara lain Kepala BPJS Cabang Tegal Yusef Eka Darmawan, Kepala Dinas Kesehatan Brebes Ineke Tri Sulistyowati, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Khaerul Abidin, Kepala Dinas Sosial Masfuri, dan pejabat lainnya. (Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment