Lomba Menghias Tumpeng, Cara DWP Brebes Kuatkan Ketahanan Keluarga

Pengelola Berita

2022-12-29 | 10:07:05

# Comments

Sebagai upaya menguatkan ketahanan keluarga, memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-23 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Brebes menggelar lomba menghias tumpeng. Lomba ini diyakini bisa menciptakan kreatifitas anggota DWP Kabupaten Brebes dalam menciptakan menu dan penyajian makanan untuk menjaga keharmonisan keluarga.

“Ketahanan keluarga perlu diciptakan dengan jalinan harmonisasi dalam keluarga,” terang PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat membuka lomba tumpeng HUT ke-32 DWP tingkat Kab Brebes di aula gedung KPT Jalan Proklamasi 77 Brebes, Rabu (28/12).

Urip tertegun ketika harus menandatangani surat ijin perkara perceraian dari seorang PNS. Dia mengaku sangat tertekan dengan penandatangan surat izin cerai karena akan berimplikasi kepada masa depan anak-anak yang bersangkutan juga. Oleh karena itu, saya titip pesan kepada anggota DWP agar mematuhi tiga dimensi ketahanan keluarga, yakni menyangkut fisik, sosial dan psikis.

Perlakuan fisik masih menjadi momok, karena dari sekian banyak permasalahan perceraian lebih banyak di aspek fisik. Untuk aspek sosial, ini berkaitan dengan bagaimana situasi, kondisi, komunikasi antara suami, istri, anak dan juga tetangga. Dan psikis, adalah bagaimana hubungan suami istri ini tetap harmonis.

“Perceraian-perceraian yang selama ini muncul tidak hanya di masyarakat, tetapi juga di lingkungan ASN. Mari, kita bantu bersama-sama mencegahnya,” ajak Urip.

Urip menyarankan agar DWP tidak hanya menggelar lomba tumpeng tetapi juga diadakan lomba keharmonisan keluarga.

Ketua DWP Kabupaten Brebes Ny Sri Amini Djoko Gunawan mengapresiasi semangat anggota DWP dalam berlomba. Diharapkan lomba bisa mempererat solidaritas antar anggota DWP Brebes. Dengan mengusung tema “Ketahanan Keluarga” maka bertujuan untuk mengakrabkan sesama anggota DWP dan bersama-sama, bergotong royong untuk mencapai satu tujuan organisasi

Ketua Dewan Juri Ir Djoko Gunawan MT selaku Ketua Tim Penilai lomba tim menyatakan akan menilai dengan objektif.
“Kita akan menilai seobjektif mungkin hasil karya ibu-ibu. Kami beri waktu 30 menit untuk menghias dan akan dinilai dari segi kerapihan, kerja sama, kebersihan, ketepatan waktu, dan yang paling penting penampilan,” ujar Djoko yang juga Pembina DWP Brebes Ir Djoko Gunawan MT didampingi juri yang lain Kepala Baperlitbangda Drs Apriyanto Sudarmoko, dan Inspektur Nur Ari HY Msi.

Setelah melalui penilaian yang ketat, juri memutuskan sebagai juara 1 diraih DWP Unit Pelaksana Bagian Umum Setda dengan nilai 265, juara 2 DWP unit pelaksana Badan Penelitian Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Baperlitbangda) (262) dan juara 3 Inspektorat (261).
Penulis: Suprapto
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment