NPCI Beri Kesempatan Disabilitas Berprestasi

Pengelola Berita

2022-10-04 | 09:26:48

# Comments

Penyandang disabilitas pada hakikatnya memiliki hak yang sama layaknya manusia pada umumnya. Termasuk keinginan untuk berprestasi di bidang olahraga, National Paralymic Commite Indonesia (NPCI) Provinsi Jawa Tengah memberikan kesempatan bagi disabilitas melalui ajang pencarian bakat dan seleksi, sebagai pijakan awal agar dapat menapaki tangga prestasi.

Seleksi bakat olahraga disabilitas tersebut, dibuka Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH di GOR Sasana Krida Adhi Karsa Brebes, Jumat (30/9) kemarin.

Idza mengatakan, adanya pemanduan bakat disabilitas diharapkan bisa mendapatkan atlet yang siap bersaing. Sehingga, nantinya bisa mewakili Kabupaten Brebes di ajang kejuaraan provinsi maupun nasional.

"Dukungan semua pihak termasuk disabilitas Kabupaten Brebes sangat perlu, agar mereka memiliki kepercayaan diri sehingga hobi dan bakat yang ada bisa ditunjukkan," tuturnya.

Kata Idza, Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dindikpora akan memberikan fasilitas kepada atlet disabilitas, sebagai bentuk perhatian dan pengembangan kemampuan yang dimiliki atlet disabilitas.

Sementara Anggota Komisi E DPRD Jateng Joko Haryanto membeberkan, melalui Undang-undang Nomor 8 tahun 2016, pihaknya ingin mensetarakan, mensejajarkan, dengan memberikan kesempatan yang sama kepada penyandang disabilitas yang sebenarnya kalau digali dengan pembinaan yang baik bisa menunjukkan prestasi yang membanggakan hingga tingkat internasional.

“Dengan pemanduan bakat dari bibit-bibit kabupaten maupun kota di Jateng, tentunya nanti akan bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi. Kuncinya satu memberikan kesempatan yang sama kepada mereka penyandang disabilitas,” tegasnya.

Hal Senada diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Brebes Moch. Iqbal Tanjung, adanya pemanduan bakat ini diharapkan para atlet disabilitas bisa terus berkembang lebih baik. Karena saat ini, banyak kompetisi yang melibatkan disabilitas.

“Saya kira pemanduan bakat olahraga disabilitas seperti ini sangat bagus untuk mencari bibit-bibit atlet yang bisa bersaing baik ditingkat provinsi ataupun nasional,” ucapnya.

lanjut Iqbal, bahkan pihak Komisi IV DPRD Brebes terus mendukung dalam pengembangan atlet disabilitas. Salah satunya mengawal dalam penganggaran untuk pengembangan atlet di Kabupaten Brebes.

"Dengan harapan, pengembangan ini dapat dilakukan secara continue. Jadi tidak hanya seremoni seperti ini saja, nantinya kita akan melakukan pembahasan-pembahasan dengan Dindikpora agar berkelanjutan,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH didampingi suami, Anggota Komisi E DPRD Jateng Joko Haryanto, Anggota Komisi IV DPRD Brebes Moch. Iqbal Tanjung, Ketua BAZNAS Kabupaten Brebes Abdul Haris, Kepala Dindikpora Brebes Caridah bersama Kabid Pemuda dan Olahraga Fajar Adi Widiarso, Kepala DPKAD Edi Kusmartono, Kepala Bependa Brebes Subandi, serta tamu undangan lainnya.(Suprapto/Supendi)

Bagikan :



Leave a comment