PBNU, Menuju Satu Abad NU Harus Terus Berkhidmah

Pengelola Berita

2023-01-08 | 13:44:56

# Comments

Organisasi Nahdlatul Ulama (NU) kini akan menginjak satu abad atau seratus tahun. Dari perjalanan itu sudah banyak pengabdian yang dilakukan, tidak hanya kepada warga Nahdliyin juga seluruh umat, karena memang NU hadir dan dibentuk untuk kemaslahatan bersama.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Nusron Wahid saat Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Brebes masa khidmat 2022-2027 di Alun-Alun Brebes, Sabtu (7/1). 

"Apa yang sudah kita lakukan sudahlah baik, semua demi pembangunan serta kemajuan bangsa. Mari kita terus berkhidmah, mengabdi dan melayani masyarakat," ucapnya.

Kata Nusron, khidmah di segala bidang harus disentuh, mulai pendidikan, agama, kesehatan, ekonomi dan yang lainnya. Terlebih tantangan akan lebih sulit, perubahan teknologi juga perlu diantisipasi dan direspon dengan baik, khususnya bagi PCNU Brebes yang baru dilantik.

“PCNU Brebes hendaknya bisa mengoptimalkan pengabdian, apa saja yang belum ada di Brebes seperti fasilitas pendidikan (Universitas NU), fasilitas kesehatan (RS NU) harus bisa dibangun, termasuk peningkatan ekonomi warga," tuturnya.

Lanjut Nusron, selain pendidikan dan kesehatan, sektor strategis yang perlu dioptimalkan yakni sektor perikanan, pertanian hingga perbankan. Apalagi Brebes memiliki keunggulan di pertanian dan perikanan.

"Warga Brebes yang sebagian besar nelayan, kalau mau nelayan kesulitan mencari solar murah, PCNU harus memfasilitasi adanya pom bensin dan pos shalat di pinggir laut. Itu namanya khidmah kepada masyarakat," ungkapnya.

Begitu pula di pertanian, kata Nusron, kalau harga bawang anjlok ketika panen, Pengurus NU hendaknya bisa membangun gudang bawang mandiri untuk membantu petani. Dia juga mengimbau agar dibangun kantor perbankan di Brebes untuk masyarakat yang ingin mencari pinjaman modal usaha.

Nusron yakin dan optimistis PCNU Kabupaten Brebes melalui kepengurusan teranyar dapat menjalankan amanah dan menyalurkan khidmah terbaik bagi masyarakat.

"NU akan memasuki satu abad, kita harus siap meningkatkan kualitas SDM kita," tandasnya.

Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH menyampaikan selamat kepada kepengurusan baru PCNU Kabupaten Brebes. Semoga dapat terus bekerja sama dalam menghadapi dan menyelesaikan persoalan yang terjadi di Brebes.

"Syukur Alhamdulillah kondisi Brebes selama bertahun tahun sangat aman, nyaman, guyub dan rukun. Brebes juga mulai bangkit dari pandemi, mulai bangkit dari keterpurukan ekonomi, kini sudah membaik," terangnya.

Kata Urip, semua itu berkat peran serta para ulama NU yang sangat baik dan senantiasa bersama Pemerintah Brebes. Namun saat ini Brebes juga masih dihadapkan dengan persoalan lain, yakni kemiskinan, pengangguran, AKI dan AKB serta stunting.

"Kami mohon bantuan dan kerja sama agar bisa secara bersama sama menyelesaikan permasalahan ini dengan baik. Termasuk doa seluruh bapak ibu, warga NU agar kami dapat terus melanjutkan pembangunan di Brebes," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PCNU Kabupaten Brebes KH Sholahuddin Masruri berharap segala langkah yang ditempuh selama kepengurusannya disertai ridha Allah swt.

"Kita berkhidmah melanjutkan ilmunya para ulama. Mudah-mudahan bersama kita eksis menjaga ketentraman Brebes. Mudah-mudahan semuanya diberkahi Allah swt," kata dia.

Diketahui Kepengurusan PCNU Brebes sendiri dilantik oleh Rois Syuriah PWNU Jateng Ubaidillah Shodaqoh, yang mewakili PBNU.

Sesuai SK PBNU Nomor 141/PB.01/A.II.01.45/99/12/2022 tanggal 5 Desember tahun 2022. PCNU Brebes dinahkodai dua ulama kharismatik yakni Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Brebes KH Sholahudin Masruri, pengasuh Ponpes Al Hikmah 2 Benda Sirampog serta Rais Syuriyah KH Gus Hudallah Abdul Karim Pengasuh Ponpes Al Bukhori Sengon Tanjung.
Penulis: Bayu Arfi
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment