Permudah Tugas Bendaharawan, Bupati Luncurkan Simba

Pengelola Berita

2022-06-06 | 17:44:10

# Comments

Guna mempermudah tugas bendaharawan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Brebes, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH meluncurkan Sistem Informasi Manajemen Bendahara (Simba). Dengan Simba, bisa meminimalisir kesalahan pada proses penyusunan dan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan negara.

Luncuran ditandai dengan pemukulan gong dan penandatangan dukungan Bupati terhadap pengembangan Simba, di Pendopo Bupati, Brebes, Senin (6/6).

Kata Bupati, aplikasi digagas Kasubbag Program dan Keuangan Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Brebes Dewi Puji Astuti SE. Simba menjadi solusi tepat bagi penyelesaian masalah dalam pengadministrasian keuangan secara digital.

Idza berharap, aplikasi Simba mampu menjadi wahana dalam rangka mendorong optimalisasi disiplin anggaran kas dalam proses transaksi non tunai yang dikelola OPD yang berbasis teknologi informasi.

“Simba, mampu meningkatkan pengendalian intern belanja dan meminimalisir kesalahan karena human error,” ungkap Idza.

Idza juga mengapresiasi dan menyambut baik aplikasi Simba karena sejalan dengan upaya Pemkab Brebes dalam meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik. Dengan demikian akan terwujud tata kelola pemerintahan, reformasi birokrasi, yang berfokus pada perwujudan instansi pemerintah yang bersih, akuntabel, efisien dan berbasis teknologi informasi.

Simba, merupakan inovasi aksi perubahan Dewi Puji Astuti SE yang tengah mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) angkatan I di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Yogyakarta Tahun 2022.

Dewi menjelaskan, dibuatnya aplikasi Simba untuk mengatasi kompleksitas permasalah trefik keuangan yang tinggi di Dindikpora. Penyusunan dan verifikasi SPJ juga masih dikerjakan secara konvensional.

Melalui transformasi digital, lanjutnya, komitmen dari para pimpinan dan tim efektif akan terwujud pengelolaan keuangan yang prima di Dindikpora. Sesuai dengan slogannya, Simba mantap, modern, andal, transparan, akuntabel dan profesional.

Dewi yakin, dengan Simba akan mempermudah penyusunan dan pemverifikasian SPJ. Bendahara Bidang dapat mengetahui sisa anggaran kas dengan mudah, verifikasi nilai dan kode rekening SPJ dapat dilakukan by sistem, dan data SPJ kegiatan bidang terus berkesinambungan meski terjadi pergantian bendahara.

Hadir dalam luncuran Simba, antara lain Anggota DPRD Brebes Mashadi, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala Dindikpora Kepala OPD, Korwil Satpendik Kecamatan, Ketua MKKS SMP, Ketua K3S SD dan tamu undangan lainya.
Penulis: Yaser Arafat
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment