Puluhan Profesor Asal Brebes, Sumbang Ide Untuk Kemajuan Brebes

Pengelola Berita

2022-12-26 | 21:47:06

# Comments

Puluhan profesor asal Brebes menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan Kabupaten Brebes. Ide mereka disampaikan dalam silaturahmi dan diskusi dengan Forum Komunikasi Guru Besar dan Dosen Putera Puteri Brebes di Aula Hj Idza Priyanti lantai 5 Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Jalan Proklamasi 77 Brebes, Sabtu (24/12). Mereka, berkumpul melontarkan ide dan gagasan dihadapan Penjabat (Pj) Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH agar ditindaklanjuti untuk percepatan agar bisa mengejar ketertinggalan yang dialami oleh Kabupaten Brebes.

Pj Bupati mengakui kalau cerita horor tentang rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), kemiskinan ekstrem dan tingginya kerusakan infrastruktur selalu menghantui Brebes. Dengan cerita horor tersebut, kata Urip, hendaknya jangan ditakuti tetapi menjadi tantangan dan pemicu untuk dibuktikan dengan pembangunan yang nyata. Urip yakin dengan bersepakat dan bergotong-royong dengan seluruh stakeholder mampu menyelesaikan permasalahan yang ada di Brebes.

Urip mengatakan, permasalahan sangat besar ini tidak mungkin diselesaikan secara sendiri-sendiri. Harus dipikul bersama termasuk pemikiran dan sumbangsih ilmu para profesor dan guru besar putra Brebes ikut andil menyelesaikan permasalahan di Kabupaten Brebes.

“Hari ini kita mencoba melangkah dengan bersilaturahmi dan berdiskusi untuk melangkah 5 tahun kedepan dengan cerita dan agenda serta ide-ide rencana baru,” kata Urip.

Menurutnya, ide dan rencana pembangunan 2022-2026 sudah disepakati bersama stakeholder tentu, kajian teknokratik dari Pemkab Brebes ditambah lagi pemikiran dari DPRD kabupaten Brebes. Dalam langkah ke depan, tentu harus sesuai dengan visi yang telah disepakati bersama yakni Brebes Madani Maju dan Sejahtera.

Diskusi tentang Madani secara panjang lebar tentu para profesor sudah sangat familiar dengan kata Madani. Maju dan Sejahtera. Tiga kata ini yang menjadi acuan ke depan untuk melangkah 5 tahun dari 2022 sampai 2026. Kehadiran narasumber yang luar biasa akan melengkapi berbagai pencerahan permasalahan di Kabupaten Brebes. Datangnya profesor di bidang pertanian, ekonomi, kesehatan dan lain-lain akan menambah energi bagi Brebes.
 
Dr Maufur MPd selaku panitia sengaja mempertemukan teman-teman yang semuanya berasal dari Brebes khususnya para akademisi dan para guru besar, guna mewujudkan Brebes lebih maju lagi.

 Maufur mengatakan bahwa Brebes sebenarnya luar biasa dalam SDM secara umum. Pihaknya sengaja menghimpun para guru besar dan akademisi dari Brebes yang menyebar di berbagai penjuru sampai ke luar negeri.

“Harapannya, lewat silaturahmi dapat menggugah kembali kecintaan terhadap Brebes, sehingga bisa menyumbangkan pemikirannya bagi kepentingan kemajuan Kabupaten Brebes,” pungkas Maufur.

Tampak hadir Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT, para guru besar serta akademisi putra Brebes dan kepala OPD Kabupaten Brebes. Dalam kesempatan tersebut juga dipaparkan potensi pengembangan domba Sakub oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab Brebes drh Ismu Subroto MSi.
Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment