Ribuan Warga Menyambut Boyongan Kantor Bupati

Pengelola Berita

2022-09-01 | 08:30:51

# Comments

Pemerintah Kabupaten Brebes kini memiliki kantor baru yang diberinama Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT). Saat boyongan, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menaiki Kereta Kencana dan mendapat sambutan hangat sepanjang jalan yang dilalui. Boyongan bergerak dari kantor lama di Jalan P Diponegoro 141 Brebes menuju ke Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) di jalan Proklamasi 77 Pasarbatang Brebes, Minggu (28/8).

“Boyongan itu sebagai tradisi masyarakat Brebes ketika menempati bangunan rumah baru atau kantor baru. Selain sebagai ungkapan rasa syukur juga sebagai sarana pemberitahuan kepada masyarakat tentang keberadaan bangunan yang akan ditempati,” ujar Idza.

Diawali dengan kumandang Adzan dan Iqomat serta doa keselamatan, boyongan yang dikemas dalam bentuk Kirab ini sangat meriah. Kirab dipimpim Ki Suparyanto yang menaiki kuda, membawa rombongan Kereta Kencana Bupati dan Wakil Bupati Brebes beserta rombongan, becak hias dan iring-iringan drum band.

Sesampainya di KPT, digelar prosesi tumpah air dan tanah dari 17 kecamatan yang dimasukan dalam Kendi. Tanah diambil dari 4 tempat yakni Pendopo, Kantor Setda, Kantor Baperlitbangda dan Inspektorat. Tanah tersebut disatukan di halaman KPT.

Bupati Idza berharap, dengan perpindahan ke kantor baru harus lebih meingkatkan kinerja dan pelayanan. Boyongan tidak sekadar memindahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menikmati fasilitas baru yang lebih bagus. Namun menjadi upaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang optimal, profesional, efisien, efektif, transparan, akuntabel dan tanggap terhadap aspirasi masyarakat.

KPT juga bisa menjadi representasi Kabupaten Brebes yang unggul, sejahtera dan berkeadilan. KPT merupakan respon dan komitmen Pemerintah Kabupaten Brebes terhadap aspirasi masyarakat.

Idza mengatakan dengan selesainya pembangunan KPT diharapkan juga bisa meningkatkan semangat para pegawai, khususnya yang akan menempati KPT dalam melayani masyarakat. Karena memang salah satu tujuan otonomi daerah yakni untuk meningkatkan pelayanan publik.

KPT selanjutnya akan diresmikan pengunaannya pada Rabu, 31 Agustus 2022. KPT akan ditempati Bupati dan Wakil Bupati, Kantor Sekertariat Daerah, Baperlitbangda dan Inspektorat.

Hadir dalam acara tersebut ketua Dekranasda Dr AKBP H Warsidin SH MH, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH beserta Ketua Penggerak Tim PKK Sri Legiastuti Narjo, Sekertaris Daerah Ir Djoko Gunawan MT beserta istri serta kepala OPD dan camat se Kabupaten Brebes.
Penulis: Agus Awaludin
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment