Saatnya Koperasi Kembali Eksis

Pengelola Berita

2022-07-21 | 08:15:21

# Comments

Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH mengajak kepada seluruh jajaran pengurus Koperasi di Kabupaten Brebes untuk kembali bangkit menunjukan eksistensinya sebagai pelaku ekonomi kerakyatan yang sejati. Jaman keemasan Koperasi harus kembali ditorehkan oleh koperasi-koperasi di Kabupaten Brebes untuk menciptakan kesejahteraan bersama.

“Mari tunjukan kembali eksistensi koperasi untuk mensejahterakan masyarakat,” ajak Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH saat membuka Seminar Perkoperasian dalam rangka Hari Koperasi Ke-75 di Gedung Korpri Brebes, Rabu (20/07).

Narjo mengakui kalau Pandemi Covid-19 yang terjadi dua Tahun terakhir mengakibatkan keterpurukan ekonomi. Perekonomian melemah, bahkan banyak sektor usaha yang akhirnya harus menyerah dan gulung tikar. Namun koperasi sebagai badan usaha bersama yang mengelola pemanfaatan dan pendayagunaan sumber daya ekonomi para anggota bisa bertahan. Koperasi tetap memegang prinsip keadilan dan kekeluargaan sesuai kaidah ekonomi.

Meski terkena imbas pandemi juga, kata Narjo, koperasi harus menunjukan eksistensinya dengan menggairahkan kembali seluruh pengurus dan anggota dalam mengelola koperasi.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Zaenudin menambahkan, untuk berkembang koperasi jangan hanya berkutat pada usaha cara lama. Namun harus berinovasi diantaranya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi seperti Handphone/ Android.

Pengurus Koperasi, lanjutnya, harus bisa memanfaatkan Android sebagai sarana untuk mengembangkan usaha. Jika tidak, maka akan koperasi selamanya stagnan dan tertinggal serta dilindas oleh badan usaha lain yang bergerak dalam bidang yang sama.

Selain harus bisa memanfaatkan teknologi, Pengurus Koperasi harus mampu membaca peluang usaha yang sedang tren di tengah masyarakat. Semua usaha untuk meraup keuntungan, semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan anggota.

Seminar mendatangkan narasumber Pengawas Ahli Koperasi Daniel Asnur SKom MM dari Kmenterian Koperasi dan UKM. Seminar mengambil tema Perkoperasian Menuju Koperasi Modern dan UMKM Naik Kelas, dengan pokok bahasan Digitalisasi Koperasi Menuju Koperasi Modern.
Penulis: Yaser Arafat
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment