Sunatan Massal Amalan Baik Yang Harus Digiatkan

Pengelola Berita

2023-01-24 | 14:09:21

# Comments

Sunatan massal merupakan implementasi ajaran agama, bukan hanya diwacanakan tapi juga diamalkan. Perbuatan baik melalui bakti sosial sunatan massal seperti ini, akan membawa berkah kepada setiap orang yang melakukannya.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin SH MH saat menghadiri sunatan massal dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Brebes ke 345 dan HUT Baznas ke 22 di RSUD Brebes, Sabtu (21/1).

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Brebes dengan Baznas, semoga tidak hanya berakhir sampai di sini, namun akan ada aksi-aksi sosial lainnya," ucap Urip.

Kata Urip, Khitan atau sunat sebagai salah satu ajaran Islam, terkadang masih merupakan ritual yang mahal bagi sebagian kelompok masyarakat, khususnya mereka yang tidak mampu. Namun ini tanggung jawab orang tua untuk mengantarkan anak-anak memasuki masa kedewasaan dengan landasan kesholehan.

"Semoga mereka setelah dikhitan mendapatkan pendidikan yang baik serta diberikan nilai keimanan dan ketakwaan yang kuat, dan menjadi anak yang sholeh," harapnya.

Di kesempatan yang sama Sekda Brebes Ir Djoko Gunawan MT menyampaikan, sunatan massal ini digelar di dua tempat, kemarin di RSUD Bumiayu dan hari ini di RSUD Brebes.

"Jumlah peserta kali ini sangat banyak, 165 anak mengikuti sunatan massal. Secara anggaran kami berjumlah 230 peserta, dibagi dua untuk wilayah Brebes dan Bumiayu," tuturnya.

Djoko Gunawan mengatakan, sunatan massal merupakan wujud komitmen antara Pemda, RSUD dan Baznas. Demikian ditunjukkan demi membantu masyarakat, khususnya keluarga kurang mampu supaya terbantu melalui kegiatan ini, dia juga berharap kelak anak-anak menjadi anak yang sholeh berbakti pada orang tua, berguna bagi bangsa dan agama.

Direktur RSUD Brebes dr Rasipin melaporkan, untuk 165 peserta sunatan, RSUD Brebes membuka 20 tempat tidur. Tiap tempat tidur ada dua orang, satu operator dan satu kooperator, jadi total 40 orang ditambah cadangan 5 orang petugas.

"Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan tidak lama, hitung-hitungannya satu tempat tidur bisa untuk belasan anak. Kemungkinan paling lama setengah jam, dan selesai habis dzuhur," terangnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Brebes Abdul Haris menyampaikan, dari Baznas memberikan bingkisan berupa sarung dan setiap anak mendapat Rp 250 ribu. Semua sumber anggaran dari sahabat ASN di Kabupaten Brebes.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada sahabat ASN yang telah mempercayakan pada kami, zakat maupun infak terkumpul kami salurkan untuk manfaat masyarakat Kabupaten Brebes, salah satunya kegiatan ini," jelasnya.

Usai memberikan bingkisan, Pj Bupati Brebes bersama Ketua Baznas, Direktur RSUD serta OPD Brebes berkeliling melihat langsung kegiatan sunatan massal.

Penulis: Bayu Arfi
Editor: Wasdiun

Bagikan :



Leave a comment