Mantap, Posko Kesehatan Lebaran Di Brebes Siap siaga

Pengelola Berita

2022-04-29 | 13:21:46

# Comments

Untuk membantu kesehatan para pemudik-balik dan warga yang menikmati liburan Idul Fitri 1443 Hijriyah, Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes menyelenggarakan Posko Kesehatan Arus Mudik-Balik Lebaran dan Posko Kesehatan Daerah Tujuan Wisata (DTW). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistyowati SKM MKes menjelaskan, Posko didirikan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Brebes pada layanan kesehatan bagi masyarakat yang mudik-balik maupun menikmati pariwisata di Kabupaten Brebes agar kondisi kesehatannya selalu prima.

“Kami mendirikan 6 Posko terpadu kesehatan untuk arus mudik-balik dan 6 posko kesehatan DTW,” tutur Ineke disela mendampingi Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat menyambut kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gerbang Eksit tol Pejagan Brebes, Kamis (28/4).

Untuk 6 Posko Terpadu Mudik-Balik, lanjut Ineke, berada di Cisanggarung Gerbang Pintu Masuk Jateng, Rest Area 252, Rest Area 260, Tol Exit Pejagan, Alun-alun dan di Pintu Air Songgom. Sedangkan untuk Pos Kesehatan DTW ada di Mangrove Pandansari, Pantai Randusanga Indah (Par In), Waduk Malahayu dan Pasir Giguk Banjarharjo, Kaligua dan Tuk Sirah Paguyangan.

Ineke memaparkan, Posko Kesehatan Terpadu Arus Mudik-Balik dibuka 28 April sampai 9 Mei 2022, sedangkan untuk Posko Kesehatan Terpadu di DTW mulai 2-8 Mei 2022.

“Dalam aksinya, Posko kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan, PPPK, pelayanan rujukan, vaksinasi, swab antigen bila diperlukan sampling dan promosi kesehatan,” ungkap Ineke.

Selain posko kesehatan, lanjutnya, Dinas Kesehatan juga menyiagakan 14 rumah sakit dan 38 puskesmas untuk siap dilokasi masing-masing. Rumah sakit disiapkan sebagai penerima rujukan kapanpun dan dimanapun. Pihaknya juga mengerahkan armada kesehatan yang mobile yakni menyiapkan 55 Ambulance roda empat dan 44 ambulance roda 2.

Ineke memprediksi para pemudik hanya akan mengalami kelelahan karena sudah menyiapkan kesehatannya sedini mungkin. Pemerintah telah menghimbau, mereka yang mudik juga harus memenuhi persyaratan Vaksin Booster. Dia berharap, mudah-mudahan semua sehat, perjalanan lancar sesuai dengan tagline mudik tahun ini: Mudik aman, mudik sehat. (Wasdiun)

Bagikan :



Leave a comment